Jumat, 16 Agustus 2013

MACAM-MACAM PERANGKAT KERAS UNTUK INTERNET

a)Motherboard/Mainboard

Merupakan pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang pada motherboard tersebut. Motherboard juga Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.

b)Processor

Fungsi dari komponen ini adalah mengatur semua jalannya proses yang terjadi selama komputer bekerja. Oleh karena itu, semakin besar kecepatan processor, maka semakin cepat pengeksekusian program pada komputer. Satuan untuk processor sendiri adalah Mhz ( mega hertz ) atau GHz ( Giga Hertz ). Sebuah processor terdiri dari sebuah ALU ( Aritmatic Logic Unit ), unit logika yang dibangun dari gerbang logika ( AND ,OR, NOT , EXOR dll ). Juga dilengkapi dengan UC (Unit Control ) yang berfungsi mengontrol periperial lainnya. Kecepatan processor ditentukan oleh speed processor , cache memory, dan FSB (front Side Bus ) yang biasanya tertulis di punggung processor. Processor minimal pentium III 500Mhz.

c) Memori Memori biasa disebut RAM

Adalah memori untuk menyimpan proses data untuk sementara. Ram merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. RAM minimal 64MB. Berikut beberapa jenis RAM : EDO RAM (Enhanced data output RAM) RDRAM RAM (Rambus dynamic RAM) SDRAM RAM (Sycronous dynamic RAM) DDR RAM (Double data rate RAM)DDR II DDR III

d) VGA ( Video Graphic Adaptor )
 
 VGA merupakan komponen yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis. Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. VGA card minimal 4MB.

e) Hardisk media penyimpanan dari Operating System dari komputer.

Seperti Windows maupun Linux. Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen. Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat hard disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan. Harddisk minimal 10GB.

f) Monitor

Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates